JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

6 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERMAIN BALOK BANGUNAN PADA SISWA SD NEGERI 5 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Silvinatul Nur Aulia, 2. Hajah Ruslan

JIIP, Redaksi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Masalah penelitian yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dengan bermain balok bangunan bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri dengan bermain balok bangunan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019 pada siswa kelas 2 SD Negeri 5 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode bermain balok bangunan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri secara klasikal, yaitu dalam siklus I dari 15 siswa terdapat 5 siswa yang sudah bisa mengenal bentuk-bentuk geometri dengan benar dan tepat, dan pada siklus II dari 15 siswa terdapat 12 siswa yang sudah bisa mengenal bentuk-bentuk geometri dengna benar dan tepat, dan hanya 3 siswa yang masih belum faham atau belum bisa menyebut secara baik dan benar. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri secara klasikal diperoleh 80% yang berarti kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri secara klasikal tercapai. Hal ini berarti metode bermain balok bangunan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri siswa kelas 2 SD Negeri 5 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020. Kata kunci: mengenal bentuk geometri, bermain balok bangunan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...