JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan

PENGEMBANGAN MODEL RESIPROCAL, EXAMPLE NON EXAMPLE, DAN MIND MAPPING (REXMIND) UNTUK MENGOPTIMALISASI HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII

Sri Sariningsih (Guru SMPN 1 Nyalindung Sukabumi)
Adi E Yusuf (Universitas Pakuan)
Entis Sutisna (Universitas Pakuan)
Griet Helena Laihad (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalisasi  hasil pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (ips)  di kelas VII melalui pengembangan model resiprocal, example non example, dan mindmapping (rexmind).  Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian Research and Development (RD) dengan menggabungkan Model pembelajaran Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMPN 1 Cireunghas dengan 36 SISWA,  dan uji coba luas di SMPN 1 Nyalindung dengan 36 siswa dan SMPN 3 Nyalindung  dengan 23 siswa.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba terbatas  pada ranah kognitif adalah 91.67 %, afektif adalah 87 %, psikomotor 88 % dan antusiasme siswa 88.7% dengan KKM 70. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba luas pada ranah kognitif adalah 94.44 %, afektif adalah 89 %, psikomotor 91 % dan antusiasme siswa 92% dengan KKM 70. Penilaian hasil belajar siswa pada uji coba luas pada ranah kognitif adalah 91.3 %, afektif  85 %, psikomotor 86 % dan antusiasme siswa 92.50 % dengan KKM 70. Penelitian ini merekomendasikan bahwa Pengembangan Model REXMIND pada Mata Pelajaran IPS Se-Komisariat Sukaraja (Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping) berhasil meningkatkan hasil belajar baik secara kognitif, afektif, psikomotorik dan antusiasme siswa . Penelitian Research and Development (R D) ini menghasilkan model pembelajaran baru yang terekomendasi yaitu Model REXMIND (Reciprocal, Example Non-Example, dan Mind Mapping).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...