Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH DAN KONVENSIONAL

Mahmu’ddin Mahmu’ddin (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)
Siti Halimah (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)
Munawarah Munawarah (STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode pemecahan masalah dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pemecahan masalah dan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan independent sample (t test). berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukan nilai t hitung> t tabel (-5.884< -1.994) dengan nilai signifikansi (0.000 < 0.05) yang memiliki arti bahwa hipotesis diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode pemecahan masalah dan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 9 Sampit. Nilai rata-rata siswa, kelas control yang menggunakan metode konvensional lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving). Nilai rata-rata siswa menggunakan metode konvensional adalah 54,86 sedangkan nilai rata-rata menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving)adalah 79,17.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya. ...