Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII

PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA, ' PENGEMBANGAN BUDAYA PROGRESIF

Darmiyati Zuchdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2016

Abstract

Demi tercapainya keadaan yang lebih maju,·diperh,.lkanpandangan baru yang berakar p~da pemahaman manusiaseca.ra utuh dan mendalam. Dengan demikian, masalah-masa-'lah global dapat diaiasi secara mendasar sehingga timbultanggung jawab dan kegotongroyongan sosial budaya. Kete'"rampiIan .mena'nggulangi, dan mengatasi masalah periu dikem- .bangkan lewat jalur pendidikan, yakni lewat;, isi dan proseskegiatan belajar":mengajar setiap bidang studio Memp.ertlmbangkan'adanya hubungan poIigenik dan ontogenik 'antarabahasa dan kebudayaan. pengembangan budaya progresif, yang.. salah satu cirinya adalah berkembangnya nilai teoretis ilmu.dapat diIaksanakan melalui isi. dan proses pengajaran BahasaIndonesia. Pengajaran Bahasa Indonesia dengan st1'ategi pem"ecahanmasalah kiranya tepat untuk tujuan pengembanganbudaya p1'ogresif. Penggunaan strategi ini 'mernberikanpeluang yang sangat besar kepada pelajar untuk mengembangkanketerampiIan be1'bahasa dan .keterampilan memeca,hkanmasalah.

Copyrights © 1992






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...