Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

PENERAPAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI TANGGUNG JAWAB BELAJAR RENDAH

KRISTAYANTI, KOMANG AYU (Unknown)
DANTES, NYOMAN DANTES (Unknown)
SULASTRI, MADE SULASTRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang bertujuan mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah di kelas X 1 SMA Bhaktiyasa Singaraja setelah mengikuti layanan konseling Eksistensial Humanistik. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah dipengaruhi oleh motivasi belajar rendah. Tindakan dilakukan dengan melaksanakan konseling Eksistensial Humanistik. Prosedur pelaksanaan tindakan dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan serta evaluasi dan refleksi. Data tentang motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Persentase peningkatan pada siklus I antara 1,5% sampai dengan 24%. Sedangkan pada siklus II yakni 27%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling Eksistensial Humanistik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah di kelas X 1 SMA Bhaktiyasa Singaraja

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...