Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek dan model perbandingan lintas budaya yang dipaparkan pada buku teks bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa buku teks tingkat SMA yaitu buku Nihongo Kirakira 3 yang disusun oleh The Japan Foundation. Objek penelitian ini yaitu perbandingan lintas budaya dalam buku Nihongo Kirakira 3. Pengumpulan data dilakukan melalui metode pustaka dengan instrumen penelitian berupa kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek budaya yang diperkenalkan terdapat 6 yaitu budaya yang terkait dengan sosial kemasyarakatan, budaya yang terkait dengan sekolah, budaya yang terkait dengan teknologi, budaya yang terkait dengan musim, budaya lisan, dan budaya tulis. Aspek budaya yang lebih banyak diperkenalkan yaitu budaya tulis. Model perbandingan lintas budaya menggambarkan active construction, making connections, dan responsbility. Perbandingan lintas budaya tersebut diperkenalkan dengan mengintegrasikan materi budaya dalam bentuk informasi, ilustrasi foto, lembar kerja siswa, dan pertanyaan. Kata Kunci : budaya, buku Nihongo Kirakira 3, perbandingan lintas budaya 本研究ã¯ã€æ•™ç§‘書ã«ãŠã‘る異文化比較概念を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã‚’目的ã¨ã™ã‚ã‚‹ã€‚èª¿æŸ»ã‚¤ãƒ³ã‚¹ãƒˆãƒ«ãƒ¡ãƒ³ãƒˆã¯æ—¥æœ¬ã®å›½éš›äº¤æµåŸºé‡‘ã«ã‚ˆã£ã¦å‡ºç‰ˆã•ã‚ŒãŸæ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ3ã¨ã„ã†é«˜ç‰å¦æ ¡ã®æ•™ç§‘書ã§ã‚ã‚‹ã€‚èª¿æŸ»å¯¾è±¡ã¯æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ3ã¨ã„ã†é«˜ç‰å¦æ ¡ã®æ•™ç§‘書 ã«ã‚ã‚‹ç•°æ–‡åŒ–æ¯”è¼ƒã®æ¦‚念ã§ã‚る。データã¯ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã‚«ãƒ¼ãƒ‰ã«ã‚ˆã£ã¦åŽé›†ã—ã€å®šæ€§çš„ãªè¨˜è¿°æ³•ã«ã‚ˆã£ã¦åˆ†æžã—ãŸã€‚本研究ã®çµæžœã¯æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ3ã®æ•™ç§‘æ›¸ã§æ–‡åŒ–ãŒã˜ã‚…ã†ã«ã‚’紹介ã•れã¾ã—ãŸã€‚紹介ã•ã‚ŒãŸæ–‡åŒ–ã¯ã€ç¤¾ä¼šçš„コミュニティã€å¦æ ¡ã€æŠ€è¡“ã€å£ç¯€ã€è©±ã—è¨€è‘‰ã®æ–‡åŒ–ã€æ›¸ãè¨€è‘‰ã®æ–‡åŒ–能力ã«é–¢ã‚る文化ã§ã‚る。日本語ã‚ラã‚ラ3ã®æ•™ç§‘書ã«ã‚る書ãè¨€è‘‰ã®æ–‡åŒ–活動をもã£ã¨ç´¹ä»‹ã•れãŸã€‚紹介ã•ã‚ŒãŸæ¨¡åž‹ã¯ã€active constructionsã¨making connectionsã¨responsbilityã§ã‚る。文化的ã®å½¢å¼ã¯ã€æƒ…å ±ã€æŒ¿çµµã€åŠã³å¦ç¿’者ã®è³ªå•用紙ãŒç´¹ä»‹ã•れã¾ã—ãŸã€‚keyword : æ–‡åŒ–ã€æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ3ã€ç•°æ–‡åŒ–比較
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019