Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang, kendala-kendala yang dihadapi, dan cara guru mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar meliputi pemilihan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa untuk tingkat sekolah dasar. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu Grammar Translation Method (GTM). Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu diskusi, kerja kelompok kecil, lagu dan permainan, drill (Repetition Drill, Transformation Drill, dan Question and Answer Drill), pemberian tugas, dan tanya jawab. Media pembelajaran yang digunakan yaitu kartu huruf, speaker, dan telepon seluler. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang yaitu, penggunaan media pembelajaran, alokasi waktu yang terbatas, dan pengelolaan kelas dalam mengatur ketertiban siswa saat pembelajaran berlangsung. Guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada seperti speaker dan telepon seluler, menggambar di papan tulis atau meminta siswa untuk menggambar sebagai ganti media LCD, memberikan tugas, memberikan nasihat kepada siswa yang tidak menyimak pelajaran dengan baik dan menjadikan pembelajaran menarik dengan mengajak siswa bernyanyi dan menggambar.Kata Kunci : bahasa Jepang, ekstrakurikuler, pembelajaran 本研究ã¯ã€ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サールサラスワティ第五å°å¦æ ¡ã«ãŠã„ã¦ã€æ—¥æœ¬èªžèª²å¤–å¦ç¿’ã€åŒæŽˆæ¥ã«ãŠã‘ã‚‹æ•™å“¡ã®æ§˜ã€…ãªå•題点ã€ãã®å•題点ã«å¯¾ã™ã‚‹æ•™å“¡ã®è§£æ±ºæ³•を明らã‹ã«ã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。研究ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サールサラスワティ第五å°å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžèª²å¤–教員ã§ã‚る。データã¯è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューåŠã³æ–‡æ›¸åŒ–ã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚çµæžœã¯ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サールサラスワティ第五å°å¦æ ¡ã«ãŠã„ã¦ã€å°å¦æ ¡å¦ç”Ÿã®ç‰¹æ€§ã«åˆã‚ã›ãŸæ•™æã—ã€ãã®æ–‡æ³•翻訳(ï¼§ï¼´ï¼)å¦ç¿’法ãŒä½¿ç”¨ã•れる。ã¾ãŸã€ä½¿ç”¨ã—ã¦ã„ã‚‹å¦ç¿’ストラテジーã¯ãƒ‡ã‚£ã‚¹ カッションã€å°ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã€æŒã¨ã‚²ãƒ¼ãƒ ã€ãƒ‰ãƒªãƒ«ã€Œå復練習ã€å¤‰æ›ç·´ç¿’ã€å¿œç”ç·´ç¿’ã€ã€ã‚¿ã‚¹ã‚¯ã€Q&A ãŒä½¿ç”¨ã•れる。使用ã—ã¦ã„ã‚‹å¦ç¿’メディアã¯ã€æ–‡å—ã‚«ãƒ¼ãƒ‰ã€ ã‚¹ãƒ”ãƒ¼ã‚«ãƒ¼ã€æºå¸¯é›»è©±ãŒä½¿ç”¨ã•れる。課外授æ¥ã«ãŠã‘ã‚‹å•題点ã¨ã—ã¦ã€å¦ç¿’メディアã®ä½¿ç”¨ã€é™ã‚‰ã‚ŒãŸå¦ç¿’時間ã€å‹‰å¼·ä¸ã«æ•™å®¤ã‚’è½ã¡ç€ã‘る。å•題点ã®è§£æ±ºæ–¹æ³•ã¨ã—ã¦ã€ã‚¹ãƒ”ーカーやæºå¸¯é›»è©±ãªã©ã®æ—¢å˜ã®å¦ç¿’メディアを使用ã—ã¦ã€æ•™å“¡ã¯ãƒ›ãƒ¯ã‚¤ãƒˆãƒœãƒ¼ãƒ‰ã«æãã€å®¿é¡Œã‚’与ãˆã‚‹ã€æŽˆæ¥ã«æ³¨æ„を払ã‚ãªã„生徒ã«åŠ©è¨€ã™ã‚‹ã€å¦ç¿’ãŒé¢ç™½ããªã‚‹ã‚ˆã†ã«ç”Ÿå¾’ã‚’æŒã£ãŸã‚Šçµµã‚’æãよã†ã«èª˜ã†ã€‚keyword : 日本語ã€èª²å¤–ã€å¦ç¿’
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019