ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 3, No 2 (2014): ALIBKIN

UPAYA PENINGKATAN SELF-DISCLOSURE DENGAN MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA

Nita Purnama Sari (Universitas Lampung)
Giyono Giyono (Universitas Lampung)
Ranni Rahmayanthi Zulkifli (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 May 2014

Abstract

The purpose of this research was to know the improvement of self-disclosure by using group guidance for students. The method used in this research was quasi experiment with one group pretest-posttest design. Subjects in this research were six students, who had low self-disclosure. Data collection techniques use self-disclosure scale. The analysis showed that z output z table (0,031 0), then Ho was rejected and Ha was accepted, meaning that there are the improvement of self-disclosure by using group guidance for students, it is showed from the result of data analysis by using sign test. The conclusion of this research is self-disclosure could be improved by using group guidance for students. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self-disclosure dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam siswa yang memiliki self-disclosure rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-discclosure. Hasil analisis menunjukkan bahwa z hitung z tabel (0,031 0) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan self-disclosure dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan sign test. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah self-disclosure dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa.  Kata kunci : bimbingan kelompok, quasi experiment, self-disclosure.

Copyrights © 2014