Jurnal Entropi
Vol 5, No 1, 2009

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abdjul, Tirtawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2009

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat menurut Dick & Carey yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 7 Gorontalo dengan jumlah siswa 140 orang dan M.Ts Muhammadiyah Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang dengan rancangan Control group pre-test post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (77%); kelas eksperimen 2 (75%) dan kelas eksperimen 3 (76%), aktivitas belajar berpusat pada siswa, dan respon siswa berkategori baik (89,78%), dibandingkan dengan kelas kontrol pengelolaan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan dengan baik, hasil belajar siswa pada kelas kontrol 1 (59%); kelas kontrol 2 (57%) dan kelas kontrol 3 (58%), aktivitas belajar berpusat pada guru dan respon siswa (26,67%). Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kenaikan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2009