Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat menurut Dick & Carey yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 7 Gorontalo dengan jumlah siswa 140 orang dan M.Ts Muhammadiyah Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang dengan rancangan Control group pre-test post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (77%); kelas eksperimen 2 (75%) dan kelas eksperimen 3 (76%), aktivitas belajar berpusat pada siswa, dan respon siswa berkategori baik (89,78%), dibandingkan dengan kelas kontrol pengelolaan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan dengan baik, hasil belajar siswa pada kelas kontrol 1 (59%); kelas kontrol 2 (57%) dan kelas kontrol 3 (58%), aktivitas belajar berpusat pada guru dan respon siswa (26,67%). Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kenaikan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009