Jurnal Entropi
VOL 08, NO 01, 2013

Penerapan Model Pembelajaran Bakulikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Koloid Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 3 Gorontalo.

Soleman, Sumarlin (Unknown)
Bialangi, Nurhayati (Unknown)
Sihaloho, Mangara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2013

Abstract

Penelitian ini adalah suatu Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pada pokok Bahasan Koloid dengan menggunakan Model Pembelajaran Bakulikan pada Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 3 Gorontalo, Tahun Ajaran 2010-2011 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 85% siswa memperoleh nilai 7,5 keatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Bakulikan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa yang dilaksanakan dengan meninngkatnya hasil belajar siswa. Pada sisklus I hasil belajar siswa sebesr 78,38% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,89%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Bakulikan pada materi koloid dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 3 Gorontalo.

Copyrights © 2013