Publikasi Pendidikan
Vol 10, No 1 (2020)

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare

Amir Pada (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi inkuiri sosial dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil  belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 84 Kota Parepare.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial  dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan prosedur tindakan: Planning,  Action, Observation dan  Reflektion. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Populasi  penelitian  adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri No.84 Kota Parepare, sedangkan  sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah 23 Orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Fokus penelitian adalah Penerapan  Strategi Pembelajaran Inkuiri  Sosial dan Hasil Belajar  belajar siswa pada mata pelajaran IPS.  Teknik pengumpulan  data dilakukan  melalui; observasi, tes dan dokumentasi. Selanjutnya tehknik analisis data dengan   menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar  siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami perobahan atau peningkatan dengan kategori  baik (B). Kesimpulan  penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui  penerapan strategi inkuiri sosial pada Sekolah Dasar Negeri No. 84 Kota Pare-pare.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...