Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan modul interaktif berbasis smartphone, (2) menguji kelayakan modul interaktif berbasis smartphone, serta (3) menguji efektivitas modul interaktif berbasis smartphone terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laporan keuangan perusahaan jasa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group design. Subjek uji coba dalam penelitian yang dilakukan adalah ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media, ahli bahan penyerta dan peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo. Jenis data dalam penelitian pengembangan yang dilakukan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media modul interaktif berbasis smartphone, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang hasil belajar peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo. Teknik analisis data wawancara dan angket menggunakan rumus persentase. Teknik analisis data tes menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif uji kelayakan dari wawancara ahli desain pembelajaran , ahli materi, ahli media dan ahli bahan penyerta diperoleh data sebagai berikut (1) hasil persentase ahli desain pembelajaran 100%; (2) hasil persentase ahli materi 100%; (3) hasil persentase ahli media 100%; dan (4) hasil persentase ahli bahan penyerta 100%. Dengan hasil persentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media modul interaktif berbasis smartphone termasuk dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 40,29 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan d.b = N ? 1 = 35 ? 1 = 34, diperoleh ttabel sebesar 2,03224. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 40,29 > 2,03224. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul interaktif berbasis smartphone pada materi laporan keuangan perusahaan jasa berbasis smartphone efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, modul interaktif, smartphone, laporan keuangan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020