This quasi experimental research aimed to analyze the increasing of student’s mathematical communication ability who learn with TAPPS learning method compared conventional learning. The population was eighth grade students of junior high school state 8 Bandar Lampung in academic years 2012/2013. The samples were students of VIII B and VIII C class that chosen from eight classes by purposive random sampling. The conclusion was the average of increasing of student’s mathematical communication ability in TAPPS learning method was same as average of increasing of student’s mathematical communication ability in conventional learning.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu siswa pada kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari delapan kelas dengan cara purposive random sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS sama dengan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, metode pembelajaran, TAPPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013