Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Kholifatul Jannah (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2013

Abstract

This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of Rotating Trio Exchange (RTE) type towards student's mathematical problem solving ability. RTE type is one of cooperative learning model where the students are asked to make a small group by the teacher that consist of three students for discussing the topic. The design of this research was posttest only control group design. The population was all eighth grade students in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/1013. The samples were students of VIII D and VIII E class that were chosen by purposive sampling technique. The data research was obtained by test of student's mathematical problem solving ability. Based on hypothesis testing result, it was concluded that cooperative learning model of RTE type was not influences student's mathematical problem solving ability in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. RTE merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe RTE tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemecahan masalah matematis, RTE

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...