Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 8 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Eka Ratnawati (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

This quasi-experimental research aimed to know the influence of using prop from students understanding of mathematical concepts in contextual learning. The population of this research was all students of grade VII of MTs Negeri 2 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015. The sample of this research were students of VII D and VII F which were taken by purposive sampling. Based on the analysis of data, students mathematical concept understanding in contextual learning which use prop was better than mathematical concept understanding in contextual learning and which not use prop. Thus, the using of prop gives positive influence to students understanding of mathematical concepts in contextual learning.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kontekstual. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII F yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual yang menggunakan alat peraga lebih baik daripada pembelajaran kontekstual tanpa penggunaan alat peraga. Dengan demikian, penggunaan alat peraga berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kontekstual.Kata kunci: alat peraga, kontekstual, pemahaman konsep matematis

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...