Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 6, No 3 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Efektivitas Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self-Concept

Fitriani Fitriani (Universitas lampung)
Sri Hastuti Noer (Universitas Lampung)
Pentatito Gunowibowo (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

This research aimed to find out the effectiveness of mathematical students’reflective thinking ability and self-concept. The population of research were students of grade VII in SMP Negeri 10 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into 11 classes. The samples of research were students of VII C and VII F class which were chosen by purposive sampling technique. The design was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through mathematical reflective thinking skills and self-concept scale. The data analysis used for this research were  test and Mann-Whitney U test. Result of the research, it was refer that discovery learning was effective in terms of students' mathematical reflective thinking ability and self-concept.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dan VII F yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan skala self-concept. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji  dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif  matematis dan self-concept siswa.Kata kunci: berpikir reflektif matematis, discovery learning, self-concept

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...