Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Fauziah Kartika (Unknown)
Caswita Caswita (Unknown)
M. Coesamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

This quasi experimental research which aimed to know the influence of cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) type towards student’s conceptual understanding of mathematics. Posttest only control design was used in this research. The population was all students of grade 7th of SMP Negeri 1  Bukitkemuning, even semester, in the academic year 2012/2013. Sample was students of VII D as experiment class and VII C as control class that was determined by purposive random sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of Think Pair Share type is better than conventional those of learning. So it is concluded that cooperative learning model of Think Pair Share type influences student’s conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembel­ajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa.  Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Popu­lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bukitkemuning tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 269 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata pemaham­an konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, Think Pair Share

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...