Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan LKPD Fungsi Kuadrat Berbasis Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Kartika Eka Pertiwi (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)
Suharsono S (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2018

Abstract

Preliminary research found that learning result of quadratic function to 55% student was 70. Learning materials, such as Student Work Sheet (named as Lembar Kerja Peserta Didik/LKPD) need to be developed. The objectives of the research are to describe Quadratic Fungction LKPD designed to develop concept understanding; to know the ability of understanding quadratic function concept from students with and without Saintific based LKPD. This is a research and development. The subject of the research  was students of Class XI Pharmacy of SMK IB Khalifah Bangsa Academic Year 2017/2018. Data was collected by expert validation, student questionnaire, and test of concept mastery. Proper test done by content expert approved good category, where as very good category approved by learning media expert. Students approved totally agree to the use of LKPD. The result of the test to experiment group was 75% mastery, where as control group was only 21% mastery.Studi pendahuluan diketahui bahwa hasil belajar fungsi kuadrat 55% siswa mendapat nilai 70. Bahan belajar berupa LKPD fungsi kuadrat perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini: Mendeskripsikan LKPD fungsi kuadrat yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep; Mengetahui kemampuan pemahaman konsep fungsi kuadrat peserta didik menggunakan LKPD bebasis saintifik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep fungsi kuadrat peserta didik tanpa menggunakan LKPD berbasis saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Farmasi SMK IB Khalifah Bangsa TP 2017/2018. Pengumpulan data dengan validasi ahli, angket respon peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi dengan kategori baik, sedangkan oleh ahli media dengan kategori sangat baik. Data respon peserta didik menunjukkan kategori sangat setuju dengan penggunaan LKPD. Hasil tes pemahaman konsep pada kelas eksperimen menunjukkan 75% tuntas, sedangkan hasil tes pemahaman konsep pada kelas kontrol menunjukkan 21% tuntas.Kata Kunci: LKPD, saintifik, pemahaman konsep

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...