Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Adi Saputra (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2014

Abstract

The contextual approach is the learning concept which assist teacher to attach the subjects and student’s real situation and pushing student’s to connecting their knowledge and it’s application in daily life. The purpose of this research was to know the effect of implementation of contextual learning approach towards student’s mathematics achievement. The research design was one-shot case study. The population of this research was all grade 8 students of SMP Negeri 4 Bukit Kemuning. The samples of this research were students of VIII-A class which obtained randomly from three classes who have balance prior knowledge. The data of research was student’s mathematic achievement which obtained by formative test. Based on the result of analysis, it was known that the contextual approach gave the effect towards mathematics achievement in significant level 5%.  Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Popu­lasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukit Kemuning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang diambil secara acak dari 3 kelas yang memiliki kemampuan awal matematika yang relatif seimbang. Data penelitian berupa hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes formatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan taraf signifikasi 5%.Kata kunci: hasil belajar, pendekatan kontekstual, pengaruh

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...