Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 5 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Rizka Silvianti (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)
Syarifuddin Dahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

This research is a development research that aims to find out how the development of LKPD based on CTL to improve the ability of mathematical communication and student self-efficacy. This research started from preliminary study, preparation of LKPD, LKPD validation, initial field test, and field test. The subjects of this study are students of class VII-A and VII-C SMP Negeri 1 Abung Tinggi Lesson Year 2016/2017. Preliminary study results indicate the need for the development of LKPD-based CTL approach. The preparation of LKPD begins with drafting the LKPD and all its components based on the guideline for the preparation of LKPD. Validation results indicate that LKPD has met the content and design feasibility standards. Field test results indicate that LKPD is included in either category. The result of field test shows that the improvement of students' mathematical communication ability following learning using LKPD based on CTL is higher than conventional learning and Student Self-Efficiency in both classes tended to not increase.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan LKPD berbasis CTL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-C SMP Negeri 1 Abung Tinggi Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan pengembangan LKPD berbasis pendekatan CTL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun draft dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD. Hasil validasi menunjukkan LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan menunjukkan LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis CTL lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional dan Self-Efficacy siswa pada kedua kelas cenderung tidak mengalami peningkatan.Kata kunci : LKPD, CTL, Self-Efficacy

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...