MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 2 (2005): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2005

STRATlGI PEMANFAATAN ANIMAS! SEBAGAl ALAT DAN MEDIA PEMB:gLAJARAN

Pujiriyanto Pujiriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2005

Abstract

Perkembangan teknologi infonnasi membawa banyak impli~idan peiubahan terhadap jenis dan variasi media pembelaja~,khususnya media-media berbasis visual. Dalam dunia pendidi~animasi media komunikasi visual dapat menjadi media altem~tjfyang ·interaktif dalam pe111beJajaran. Perkembangan animasi saqgai· dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi teru~komputer. Kemajuan teknologi komputer pada animasi membawabanyak. manfaat tetapi pemanfaatannya sebagai media pembelaj~belum tentu dapat meningkatk.an kinerja pembelajaran jika ti~~dipersiapkan. Animasi komputer sebagai salah satu bentuk ~ed~akomunikasi visual tcmyata memiliki ·karakteristik, kelebihan clanketerbatasan tersendiri. Efisiensi, cfektifitas dan kinerja anin\1"$idalam penyajiannya memerlukan pra syarat dan kondisi tertentu agarpemanfaatannya mencapai basil optimal dalam pembelajaran. fak4r~faktor apa saja yang penting dan dalarn pra syarat serta kondisi y~gbagaimana animasi komputer etektif digunakan? PemahaQ:ianterhadap strategi pemanfaatan, kondisi-kondisi yang diperlukan sefuiimplikasi-implikasi yang muncul dari konfigurasi berbagai faktotyang direncanakan · dan dilibatkan dalam pemanfaatannya h~$diketahui. Tujilan utamanya mendapatkan · manfaat optimal di;tipenyajian animasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2005