Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA

HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Depi Pramika (Unknown)
Chandra Kurniawan (Unknown)
Widya Agustina (Unknown)
Reni Muniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semeseter 8 angkatan tahun 2013 yang masih aktif kuliah berdasarkan Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir berjumlah 73 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan primer dengan tekhnik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi menggunakan alat bantu Statistical Product and Service Solutions (SPSS ver. 24.0). Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis melalui statistik korelasi Kendall’s Tau dan Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 24.0 menunjukkan tidak ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan karena status soasial ekonomi orang tua baik dari indikator pendidikan, pekerjaaan, dan penghasilan  berada pada kategori rendah dan sangat rendah, sehingga mendorong mahasiswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan harapan setelah mereka lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari orang tuanya dengan begitu status sosial ekonomi keluarga akan meningkat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...