JSME MIPA UNIMA
Vol 8, No 2 (2020): MARET - APRIL

Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Belajar IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia

Rungkat, Jovialine A (Unknown)
Rengkuan, Mariana (Unknown)
Humune, Yunisti Stefani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian  ini  adalah menghasilkan sebuah  produk multimedia interaktif sebagai media belajar IPA pada materi sistem pencernaan pada manusia. Desain  yang digunakan   yaitu   model ADDIE  terdiri dari (1) Analysis , (2) Design, (3) Development,(4) Implementation, (5) Evaluation.  Pada tahapan development  menggunakan Adobe Flash Profesional CS6. Hasil berupa prototipe multimedia selanjutnya divalidasi mencakup (1) uji ahli isi/materi mata pelajaran, (2) uji ahli media dan desain pembelajaran serta mahasiswa sebagai responden . Hasil validasi dari ahli isi/materi pada aspek kebahasaan, kesesuaian isi dan sajian materi (isi/materi) menunjukkan skor total 35 dengan persentasi 87,5% pada kategori Tinggi. Hasil validasi oleh ahli media dan desain pembelajaran pada aspek tampilan, elemen teks, elemen visual, navigasi dan desain (teknologi dan desain pesan) menunjukkan skor total  90 dengan persentasi  81,81% pada kategori tinggi. Hasil uji coba kelompok kecil  yaitu mahasiswa sebagai responden dimana skoring yang diperoleh keseluruhan adalah 205 atau dikualifikasikan tinggi (T) dengan persentase 82%. Berdasarkan  hasil validasi produk dari para ahli serta responden  dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 yang dikembangkan layak digunakan. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Adobe Flash Profesional CS6, Sistem Pencernaan Manusia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...