JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 3 (2017): Jurusan Matematika

PENERAPAN Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kumelembuai

Kasenda, Monica P. (Unknown)
Manurung, Ontang (Unknown)
Regar, Vivian E. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Devision (STAD). Penelitian menggunakan metode PTK. Populasi dan sampel yang diambil adalah kelas VII SMP N 1 Kumelembuai. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada Materi Pecahan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pokok pembahasan Menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan termasuk operasi campuran dan dapat melatih peserta didik untuk dapat bekerja sama dengan peserta didik lainnya melalui belajar berkelompok dalam memecahkan masalah dan mempertanggungjawabkan hasil dari tindakan observasi melalui presentasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD), Materi Pecahan, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...