JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Matematika

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN

Kaawoan, Lyke (Unknown)
Mangobi, James U. L. (Unknown)
Monoarfa, Jorry F. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Turunan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Posttest Design dengan model oneshot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dimembe tahun ajaran 2015-2016 semester genap. Sampel penelitian dipilih kelas XI IPA dengan banyak siswa 22 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 81,8. Uji normalitas data terpenuhi dimana data tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh . Nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritis sehingga H0 ditolak dan terima H1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL melebihi nilai KKM yang diberikan sekolah yaitu 70. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Turunan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...