Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan design one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Lolak tahun ajaran 2015-2016 semester genap. Sampel Penelitian dipilih kelas VIIIA dengan siswa 21 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 78.42. Hasil uji normalitas data terpenuhi dimana data tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dikenai model Problem Based Learning memiliki rata-rata nilai hasil sebesar 78.42 dengan persentase ketuntasan 90.41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning lebih dari kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 67. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Copyrights © 2017