JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Matematika

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN STAD PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Bawembang, Mila Ch. (Unknown)
Wenas, John R. (Unknown)
Regar, Vivian R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Pembelajaran kooperatif mendorong siswa bekerja sama sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah, pembelajaran kooperatif terdiri dari beberapa tipe antara lain Teams Games Tournaments (TGT) dan Student Team Achievement Division (STAD). Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD pada siswa kelas VIII SMP Kristen Kakaskasen. Analisis data menggunakan uji-t. Diperoleh pada taraf signifikan dan hasil . Siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran matematika kubus dan balok dikelas VIII A 80,95% siswa memperoleh nilai diatas 70 sesuai dengan KKM atau 17 siswa dari 21 siswa tuntas hasil belajar dan rata-rata hasil belajar adalah 80,90 dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII B 66,67% siswa memperoleh nilai diatas 70 atau 14 siswa dari 21 siswa tuntas hasil belajar dan rata-rata hasil belajar adalah 76,62. Kata Kunci: Kubus dan balok, Pembelajaran kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...