Keberadaan Teknologi membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi adalah ditemukannya Quick Response (QR) Code. Pemanfaatan QR Code dalam bidang pendidikan dapat menjadi sebuah sarana untuk menyajikan informasi dalam tempat yang terbatas. Botani Tumbuhan Tinggi merupakan salah satu matakuliah wajib pada Jurusan Biologi. Ruang lingkup matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi adalah mempelajari konsep taksa, hirarki taksonomi, perkembangan   klasifikasi, sifat-sifat dari    suku-suku dalam Divisi pinophyta dan Magnoliophyta dengan contoh-contohnya terutama yang bermanfaat bagi manusia. Meninjau ruang lingkup dari matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi ini, maka cocok untuk diterapkan QR Code dalam pembelajarannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menyajikan gambaran tanggapan atau respon mahasiswa setelah penggunaan QR Code dalam pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi  UNM yang terdiri atas 2 kelas yang sementara memprogramkan matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa respon mahasiswa yang diperoleh dari angket yang diedarkan kepada mahasiswa setelah pembelajaran dengan penggunaan QR Code. Hasil menunjukkan bahwa untuk item pernyataan positif, sebagian besar mahasiswa berada pada kategori setuju sedangkan untuk pernyataan negatif, sebagian besar mahasiswa berada pada kategori tidak setuju. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan QR Code dalam pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi direspon secara positif oleh mahasiswa biologi.Kata kunci: Respon mahasiswa, Quick Respon Code,dan Botani Tumbuhan Tinggi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016