bionature
Vol 16, No 2 (2015): Oktober

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Perkuliahan Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Palennari, Muhiddin (Unknown)
Lodang, Hamka (Unknown)
., Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat perkuliahan berupa Rencana Pelaksanaan Perkuliahan berorientasi (RPP-PBL) memberdayakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa FMIPA UNM. Adapun target yang diharapkan adalah membiasakan mahasiswa memiliki keterampilan keterampilan berpikir kritis baik selama menempuh kuliah pada saat pelaksaaan pekuliahan.. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini mengikuti tahapan model desain pembelajaran (instructional design) 4 D Thiagarajan. Instrument pengumpulan data terdiri dari lembar validasi perangkat perkuliahan RPP-PBL. Sistematika RPP-PBL yang dikembangkan terdiri atas komponen Identitas, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Perkuliahan, Strategi Perkuliahan, Langkah-langkah Perkuliahan, Sumber Belajar dan Media, Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh komponen dalam RPP-PBL memiliki nilai rata-rata ≥ 3 dengan revisi pada bagian-bagian tertetntu. Dengan demikian, disimpulkan bahwa RPP-PBL yang dikembangkan termasuk kategori baik sehingga layak dgunakan sebagai pedoman dalam perkuliahan Biologi Dasar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...