bionature
Vol 13, No 2 (2012): Oktober

Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia

Andi Asmawati, Azis (Unknown)
Naswandi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan media yang memiliki tingkat validitas tinggi serta menarik bagi siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Hanaffin and Peck yang terdiri dari tiga tahap kegiatan, yakniAnalysis, Design, dan Implamentation. Hasil validasi oleh tim ahli menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash pada konsep sistem reproduksi manusia memiliki tingkat validasi yang sangat tinggi dengan rata-rata total nilai validasi (Va) = 4,6 (sangat valid). Hasil analisis data yang diperoleh pada kegiatan ujicoba terbatas menunjukkan  ketertarikan siswa terhadap media dengan persentase respon 43,1% siswa menilai sangat baik, 46,7% siswa menilai baik, 10,2% siswa menilai cukup baik, 0% siswa memilih kurang baik, dan 0% siswa memilih tidak baik. Sebagai kesimpulan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash dapat dijadikan sebuah media pembelajaran yang valid serta dapat menarik minat siswa.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...