Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 18, No 1 (2017)

Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Eka Fitriana Hamsyah (STKIP PI Makassar)
St. Hayatun Nur Abu (STKIP PI Makassar)
Gustina Gustina (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan penentuan sampel secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar pada materi pokok ikatan kimia yang berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 1,74 > ttabel yaitu 1,67 pada α = 0,05 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan model pengajaran langsung dengan pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa pada materi pokok ikatan kimia.Kata kunci: Pengajaran Langsung, Pendekatan Metakognitif, Hasil BelajarABSTRACTThis study was an experimental study. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Sungguminasa with random sampling. Data collection technique used achievement test in the subject matter of chemical bonds in the form of multiple choice. The data obtained were analyzed with descriptive statistics and inferential statistical analysis. Based on the analysis of data obtained t = 1.74> t table ie 1.67 at α = 0.05, which means that the hypothesis H0 and H1 hypothesis is accepted. Thus, it can be concluded that there is a positive effect of the use of the teaching model directly with metacognitive approach to learning the results of class X SMA Negeri 1 Sungguminasa on material of chemical bonds.Keywords: Direct Teaching, Metacognitive Approach, and Learning Outcomes

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...