Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 22, No 1 (2019): Indonesian Journal of Educational Studies

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Sappaile, Baso Intang (Unknown)
Pristiwaluyo, Triyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang difokuskan pada kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan konsep diri mahasiswa dengan kemampuan pemecahkan masalah matematika, baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Populasi penelitian yaitu mahasiswa semester ganjil 2017/2018 Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNM Makassar. Pengambilan sampel digunakan random kelas. Data diperoleh melalui instrumen: 1) skala motivasi belajar, 2) skala konsep diri, 3) tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis dengan regresi ganda. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1) motivasi belajar mempunyai hubungan positif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) konsep diri mempunyai hubungan positif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan 3) kontribusi motivasi dan konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika sebesar 71%. Diharapkan kepada peneliti lain untuk memperluas populasi dan menambah variabel bebas yang secara teoretis mempengatuhi kemampuan pemecahan masalah matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...