Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran RME dengan pendekatan karakter. Metode pemilihan sample adalah purposive sampling, subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Jepara. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran RME dengan pendekatan karakter. Hasil pada pra siklus terdapat 1 peserta didik atau 4,1% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 23 peserta didik atau 95,9% dengan nilai rata – rata 47,5. Pada siklus I terdapat 14 pesertadidik atau 58,33% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 10 peserta didik atau 41,67% dengan nilai rata – rata 62,5. Pada siklus II terdapat 20 peserta didik atau 83,33% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 4 peserta didik atau 16,67% dengan nilai rata – rata 74,58. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I sebesar 54,23%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%, serta dari pra siklus ke siklus II sebesar 79,23%. Keywords: RME, Pendekatan Karakter, Hasil Belajar
Copyrights © 2018