ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana untuk siswa kelas X4 SMA Lab Undiksha Singaraja melalui penerapan permainan tebak kata dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) (2) mendeskripsikan respons siswa kelas X4 SMA Lab Undiksha Singaraja terhadap penerapan permainan tebak kata dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Lab Undiksha Singaraja tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 27 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tebak kata dengan menggunakan metode team games tournament (TGT) dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa kelas X4. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pretest yaitu 0%, kemudian meningkat menjadi 55,55% pada posttest siklus I, kemudian meningkat menjadi 88,88% pada posttest siklus II. Dari hasil analisis angket, siswa memberi respons positif terhadap penerapan permainan tebak kata dengan menggunakan metode team games tournament (TGT). Melalui penerapan permainan tebak kata dengan menggunakan metode team games tournament (TGT) siswa berpikir bahwa metode pembelajaran ini akan bermanfaat karena siswa merasa aktif dalam belajar dan meningkatkan penguasaan huruf Hiragana.Kata Kunci : Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, metode team games tournament(TGT), permainan tebak kata, penguasaan huruf Hiragana è¦æ—¨ 本研究ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)平仮åを推測ゲームを使用ã™ã‚‹ãƒãƒ¼ãƒ ã€‚ゲーム競争を用ã„ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å¹³ä»®å習熟ã®å‘上を知るã“ã¨ï¼ˆï¼’)ã©ã†å¦ç¿’法を使用ã—ãŸéš›ã®å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。本研究ã®å¯¾è±¡ã¯2016年度ガãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦ä»˜å±žé«˜ç‰å¦æ ¡ï¼‘ï¼å¹´ç”Ÿï¼”組ã®ï¼’ï¼—åã§ã‚る。本研究ã¯ï¼’å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æ•™å®¤å®Ÿè·µæ´»å‹•調査ã§ã‚る。データã¯ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã™ã‚‹ã€‚本研究ã®çµæžœã¯å¹³ä»®åを推測ゲームを使用ã—ãŸãƒãƒ¼ãƒ ã‚²ãƒ¼ãƒ ãƒˆãƒ¼ãƒŠãƒ¡ãƒ³ãƒˆã¯ã€å¦ç¿’者ã®å¹³ä»®å習熟を高ã‚られãŸã€‚ã“れã¯äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã§æ¨™æº–ã‚’è¶…ãˆãŸå‰²åˆã¯ï¼ï¼…ã§ã‚ã£ãŸã®ã«å¯¾ã—ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了時ã®ãれã¯ï¼•5,55%ã«é«˜ã‚られã—ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了時ã®ãれã¯ï¼˜ï¼˜ï¼Œï¼˜ï¼˜ï¼…ã«ä¸Šæ˜‡ã—ãŸã“ã¨ãŒåˆ†ã‹ã£ãŸã€‚アンケートã®åˆ†æžã®çµæžœã¯å¦ç¿’者ã®ã“ã®å¦ç¿’法ã«å¯¾ã™ã‚‹å応ã¯è‰¯å¥½ã§ã‚ã£ãŸã€‚本研究を通ã—ã¦å¤šãã®å¦ç¿’者ã¯ã€ã“ã®å¦ç¿’法ãŒå½¹ç«‹ã¤ã¨è€ƒãˆã€å¦ç¿’ã«ç©æ¥µçš„ã«å‚加ã—平仮åã®ç†è§£ãŒå‘上ã—ãŸã¨æ„Ÿã˜ã¦ã„る。keyword : ã‚ーワード:グループå¦ç¿’法ã€å¹³ä»®åを推測ゲームã€ãƒãƒ¼ãƒ ã€‚ゲーム競争ã€å¹³ä»®åã®ç†è§£ã€‚
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019