Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik permainan Mystery Bag dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang dan respon siswa terhadap teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengambilan data berupa lembar observasi, tes, dan angket/kuesioner. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Bahasa dan Budaya SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Setelah analisis dan pengolahan data dilakukan, diperoleh nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan mulai dari 123 pada siklus I menjadi 456 pada siklus II. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan teknik permainan mystery bag mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Bahkan siswa memberikan respon positif pada teknik permainan tersebut.Kata Kunci : mystery bag, penguasaan kosakata ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯æ—¥æœ¬èªžèªžå¨åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«ä½¿ç”¨ã™ã‚‹ã€ŒãƒŸã‚¹ãƒ†ãƒªãƒ¼ãƒãƒƒã‚°ã€ã‚²ãƒ¼ãƒ ã«ã¤ã„ã¦ãŠã‚ˆã³ã“ã®ã‚²ãƒ¼ãƒ を使用ã—ãŸéš›ã®å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ï¼’å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹å®Ÿè·µç ”ç©¶ã§ã‚りã€åˆ†æžã¯å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šè¡Œã£ãŸã€‚調査ã§ç”¨ã„ãŸã‚‚ã®ã¯æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã¨ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ãã—ã¦ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã§ã‚る。ã¾ãŸã€ã“れã¯ï¼’ï¼ï¼‘3年度シンガラジャ国立第四高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžæ–‡åŒ–コース1ï¼å¹´ç”Ÿã«å¯¾ã—ã¦å®Ÿæ–½ã—ãŸã€‚分æžã®çµæžœã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了時ã®å¹³å‡ã¯66,2ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了時ã®å¹³å‡ã¯90,8ã€ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã“ã®ã€ŒãƒŸã‚¹ãƒ†ãƒªãƒ¼ãƒãƒƒã‚°ã€ã‚²ãƒ¼ãƒ ã®ä½¿ç”¨ã«ã‚ˆã‚Šã€å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ã®ã«æœ‰åйã§ã‚りã€å¦ç¿’者ã®å応もよã‹ã£ãŸã€‚keyword : ミステリーãƒãƒƒã‚°ã€èªžå½™åŠ›
Copyrights © 2015