Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode drill berbantuan media crossword puzzle dalam meningkatkan penguasaan huruf katakana dan respon siswa terhadap metode tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data berupa lembar observasi, tes, angket/kuesioner dan wawancara. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X-IBB 2 di SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang siswa. Setelah analisis dan pengolahan data dilakukan, diperoleh nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan mulai dari 81,3 pada siklus I menjadi 90,33 pada siklus II. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan metode drill berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan huruf katakana siswa. Bahkan siswa memberikan respon positif pada metode drill berbantuan media crossword puzzle tersebut.Kata Kunci : metode drill, media crossword puzzle, penguasaan katakana ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠç†è§£èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«ä½¿ç”¨ã™ã‚‹ã€Œã‚¯ãƒã‚¹ãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ãƒ‘ã‚ºãƒ«ã€æ¼”習法ã«ã¤ã„ã¦ã€ãŠã‚ˆã³ã“ã®æ¼”習法を使用ã—ãŸéš›ã®å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ï¼’å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æŽˆæ¥å®Ÿè·µæ´»å‹•ç ”ç©¶ã§ã‚りã€åˆ†æžã¯å®šæ€§çš„記述法 ã¨å®šé‡çš„利ã‘者法ã«ã‚ˆã‚Šè¡Œã£ãŸã€‚ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã¨ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ãã—ã¦ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚ç ”ç©¶å¯¾è±¡ã¯ã€ï¼’ï¼ï¼‘4年度シンガラジャ国立第四高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžæ–‡åŒ–コース1ï¼å¹´ç”Ÿï¼’組ã®31åã§ã‚る。分æžã®çµæžœã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了時ã®å¹³å‡ç‚¹ã¯81,3点ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了時ã®å¹³å‡ç‚¹ã¯90,33点ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã“ã®ã€Œã‚¯ãƒã‚¹ãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ãƒ‘ズルã€ã‚²ãƒ¼ãƒ ã®ä½¿ç”¨ã«ã‚ˆã‚Šã€å¦ç¿’者ã®ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠç†è§£èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«æœ‰åйã§ã‚りã€å¦ç¿’者ã®å応もよã‹ã£ãŸã€‚keyword : 演習法ã€ã‚¯ãƒã‚¹ãƒ¯ãƒ¼ãƒ‰ãƒ‘ズルã€ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠç†è§£èƒ½åŠ›
Copyrights © 2015