Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA TAPEL 2012/2013

Arta, I Kadek (Unknown)
Astawa, Ida Bagus Made (Unknown)
sutarjo, sutarjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model CTL dan pengaruh penerapan model CTL berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar geografi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Variabel penelitian ini adalah model CTL berbantuan media pembelajaran sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya hasil belajar geografi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data implementasi model CTL berbantuan media pembelajaran dan data hasil belajar geografi. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling menghasilkan dua kelas sampel yakni satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan desain Post-test Only Non Equivalen Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model CTL berbantuan media dalam pembelajaran geografi dari pertemuan pertama sampai keempat mengalami peningkatan dengan perolehan nilai dari 79,3 termasuk kategori baik, 85,5, 95,9 dan 98,6 kategori sangat baik, 2) hasil uji ANAVA satu jalur menunjukkan signifikansi nilai yang diperoleh lebih kecil pada taraf signifikansi 0,05 (0,03<0,05), berarti harga FHitung lebih besar daripada FTabel (4,752>0,1954). Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model CTL (contextual teaching and learning) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nusa Penida.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...