JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Araroh, Asni (Unknown)
Regar, Vivi E (Unknown)
Salajang, Santje M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil pembelajaran siswa dalam trigonometri. dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan untuk tipe STAD. Penelitian ini menerapkan kelompok exsperiment pretest posttest desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lirung, di mana dua kelompok kesepuluh homogen dipilih secara acak sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam belajar trigonometri dengan pembelajaran kooperatif model NHT itu 59,63 dibandingkan dengan 57,57 Model STAD. Dengan tingkat nyata 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi dari hasil belajar siswa rata-rata diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD ketika belajar trigonometri.Kata Kunci: NHT, STAD, hasil belajar trigonometri.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...