CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018

TINJAUAN KETERAMPILAN ABAD 21 (21ST CENTURY SKILLS) DI KALANGAN GURU KEJURUAN (STUDI KASUS: SMK NEGERI 2 SOLOK)

Yulianisa Yulianisa (Unknown)
Fahmi Rizal (Unknown)
Oktaviani Oktaviani (Unknown)
Rijal Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhinya penguasaan keterampilan abad 21 oleh guru SMK Negeri 2 Solok. Keterampilan abad 21 mengutamakan penerapan teknologi dan informasi yang berkaitan dengan aspek kecakapan hidup dan karir (life and career skills), keterampilan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) dan penggunaan teknologi dan media informasi (information media and technology skills). Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan tingkat penerapan keterampilan abad 21 oleh guru-guru kejuruan SMK Negeri 2 Solok. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi sebanyak 53 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Temuan peneliti menunjukkan bahwa tingkat penerapan keterampilan abad 21 oleh guru-guru kejuruan SMK Negeri 2 Solok berada pada kategori baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...