E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2013): E-Tech

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Diana Besni Besni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2013

Abstract

Abstrak: Siswa di SMP khususnya pada SMP Negeri 1 Batipuh mempunyaiperhatian yang kurang terhadap pelajaran, salah satu yang menjadi penyebabkarena guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam prosespembelajaran terutama mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK). Agar perhatian siswa terfokus pada materi pelajaran, maka digunakanmedia video pembelajaran. Sejauh mana pengaruh penggunakan videopembelajaran terhadap hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian. Penelitianini dilakukan dalam bentuk kuantitatif kuasi eksperimen dengan melaksanakanpembelajaran menggunakan video pembelajaran pada kelas eksperimen danpembelajaran biasa/konvensional pada kelas kontrol. Penelitian dilakukan Di SMPNegeri 1 Batipuh, kelas VIII.1 dijadikan kelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata82, sedangkan untuk kelas VIII.2 yang jadikan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 68. Ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran memberikan pengaruhyang berarti terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yangsignifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga penggunaan videopembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa padamata pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 1 Batipuh

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...