Penelitian dilakukan di SMPN 6 Pariaman, Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 6 Pariaman. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 6 Pariaman. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman yang berjumlah 87 orang. Alat pengumpulan data berupa angket. Jenis data yang yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari responden dengan cara pengisisan angket. Kemudian hasil dari pengisian angket itu di olah dengan menggunakan beberapa rumus, sehingga di peroleh seberapa besar kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar.
Copyrights © 2013