Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi magnet summary dalam pengajaran menulis ringkasan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan diambil dengan menggunakan teknik sampling rumpun. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dan data tersebut dianalisa dengan menggunakan rumus ES (tingkat efektifitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tratio = 10.58 lebih besar dari ttable = 2.042, yang berarti bahwa penggunaan strategi magnet summary efektif dalam mengajar menulis ringkasan. Perhitungan ukuran efek adalah 1.71 (> 1.00). Itu menandakan bahwa standar keefektifan test dikategorikan memiliki efek yang sangat kuat. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan magnet summary sebagai strategi alternative dalam mengajar menulis ringkasan. Kata kunci: Magnet Summary, Menulis Ringkasan Abstract: This research aimed to find out the effectiveness of the magnet summary strategy in teaching writing summary to the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Pontianak in academic Year 2014/2015. This research was conducted as pre-experimental study with one group pre-test and post-test design. The sample of this research was class XI MIA 1 and was taken by using cluster sampling technique. The data was collected by administering the written test and was analyzed by using t-test and effect size (ES) formula. The research findings show that the value of tratio=10.58 was bigger than ttable = 2.042. It means that the use of magnet summary strategy is effective in teaching writing summary. The calculation of effect size is 1.71 (> 1.00), which indicates standard effectiveness of the test is categorized as strong effect. Therefore, teacher can use magnet summary as an alternative strategy in teaching writing summary.   Keywords: Magnet Summary, Writing Summary
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015