Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 7, No 9 (2018): September 2018

TRANSLASI REPRESENTASI MATEMATIKA SMP DARI BENTUK VERBAL KE SIMBOLIK DAN SEBALIKNYA PADA MATERI SPLDV

Zulaikha Assegaf, Syf. Rizekia (Unknown)
Hudiono, Bambang (Unknown)
Ahmad BS, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

AbstrakPemahaman translasi berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memodelkan atau mepresentasikan, menerjemahkan kalimat dalam soal permasalahan ke dalam bentuk lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan translasi representasi matematika dari bentuk verbal ke simbolik dan sebaliknya dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Pontianak yang terdiri dari 6 orang siswa yang berbeda tingkat kemampuannya yaitu kemampuan atas, menengah dan bawah. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang berbentuk essay. Data yang diperoleh dari memberikan soal kepada subjek penelitian kemudian memberikan skor jawaban dan mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan translasi dari bentuk verbal ke simbolik (V-S) dengan kategori baik dengan rata-rata skor 3,5, sedangkan kemampuan translasi dari bentuk simbolik ke verbal (S-V) termasuk dalam kategori kurang. Hal ini di tunjukkan dari skor rata-rata siswa yang mendapatkan skor 2.Kata kunci : translasi, representasi matematika, kemampuanĀ 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...