Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Raya Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan bentuk penelitiannya adalah quasi exsperimental design dengan jenis Non Equivalent Control Group. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 82,25 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,46. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, diperoleh sebesar 5,319 dan (α = 5% dan dk = 33 + 32 - 2 = 63) sebesar 1,668. Karena  (5,319) >  (1,668), dengan demikian maka Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis tentang tingkat pengaruh penerapan metode sosiodrama pada penelitian ini, diperoleh ES = 1,121 dengan kategori tinggi.  Kata Kunci : Pengaruh, Penerapan, Metode Sosiodrama.  Abstract: The purpose of this research is to analyze how much influence the application of methods sociodramas on learning outcomes of students in the learning of Social Sciences Public Elementary School fifth grade 26 Sungai Raya Southeast Pontianak. This research used experimental methods, and research is a quasi exsperimental shape design with a type of Non Equivalent Control Group. Based on the analysis of data, obtained an average post-test on the experimental class of 82.25 while the control class is 70,46. Results of hypothesis testing using t test with the formula polled variants, obtained of 5,319 and            (α = 5% and dk = 33 + 32 - 2 = 63) of 1,668. Because  (5.319) >  (1,668), and thus Ha accepted. Furthermore, based on the analysis of levels of implementation sociodramas method in this study, obtained ES = 1,121 with a high category.  Keywords: Influence, Application, Sociodramas Methods.
Copyrights © 2015