Abstrak: Percaya diri menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki oleh anak, sehingga diperlukan pembelajaran untuk meningkatkan percaya diri yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak, salah satunya melalui bercerita. Permasalahannya guru kurang kreatif dan variatif dalam memberi pembelajaran bercerita sehingga percaya diri anak tidak berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, bentuknya penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Mujahidin Kabupaten Mempawah sebanyak 20 anak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan  percaya diri melalui bercerita pada anak usia 5-6 tahun  di RA Mujahidin Kabupaten Mempawah, dibuktikan dengan hasil peningkatan pada aspek anak berani bertanya, anak berani menjawab pertanyaan  dan anak berani bercerita kembali dengan kata-kata sederhana setelah dilakukan tindakan pada sikus I dan siklus II. Kata Kunci: Peningkatan, Percaya diri, Bercerita. Abstract: The confident become one of the characters that must be held a children. So, we need to increase the confident of learning fun and in accordance with the characteristics of children, one of them through storytellingthe problem is less creative and innovative teachers providing education storytelling, so that the child does not develof self confidence. The from this research is class action research, the methods used is the descriptive. The technigues collecting data consisting of observation, the interview, and the docomentation. The subject of this research is children aged 5-6 years in RA Mujahidin district Mempawah a total of 20 childrens. The results of this study can be concluded that there is increased confidence through storytelling in children aged 5-6  in RA Mujahidin district Mempawah, evidenced by the results of improvement in the children dared to ask, children brave to answer question and childrens bold storytelling back to the simple words after the action in cycle I and cycle II. Keyword: Enhancement, self confident, storytelling.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016