Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara melalui metode bercerita yang meliputi aspek lafal kata dan ucapan, struktur bahasa, kosakata, kefasihan, isi cerita, pemahaman pada anak usia 4-5 tahun kelompok A di Taman Kanak-kanak Bruder Melati Kecamatan Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi, panduan wawancara, data dokumentasi dan catatan lapangan. Sumber data adalah guru berjumlah 1 orang dan anak-anak kelompok A berjumlah 39 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kemampuan berbicara anak yang meliputi aspek lafal kata dan ucapan, struktur bahasa, kosakata, kefasihan, isi cerita, pemahaman dalam menceritakan kembali cerita/dongeng tergolong belum berkembang. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita, Anak Abstract: This research aims to describe speaking ability through storytelling method that includes aspects of pronunciation of words and speech, language structures, vocabulary, fluency, story content, comprehension in children aged 4-5 years A group in kindergarten brothers jasmine pontianak city districts. The research method that used is a descriptive with a qualitative approach. The research techniques that used is a observation techniques, interview and documentation with a data collector in the form of observation sheets, interview guide, documentation data and field notes. The data sources is a teacher numbered to 1 person and children A group numbered 39 people. From the results of research and discussion showed that the ability child to speak that includes aspects of pronunciation of words and speech, language structures, vocabulary, fluency, story content, comprehension in retelling the story / fairy tale classified as undeveloped. Keywords: Speaking ability, storytelling method, Child
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016