Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan berorientasikan teori Van Hiele yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi dimensi tiga di kelas X SMA. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi prosedur pengembangan 4 tahap menurut Newby (2000), yaitu planning, instructional design, pengembangan, dan test. Populasi terukur dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 di SMAN 1 Tekarang, SMAN 9 Pontianak, dan SMK SMTI Pontianak. Sampel yang diambil terdiri dari 36 siswa dan 2 guru SMAN 9 Pontianak, 35 siswa dan 3 guru SMAN 1 Tekarang, serta 36 siswa dan 1 guru SMK SMTI Pontianak. Produk yang dihasilkan berupa CD pembelajaran simulasi interaktif untuk materi dimensi tiga yang telah dinilai sangat layak oleh ahli dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk menunjukkan produk mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi dimensi tiga. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Teori Van Hiele, Motivasi Belajar   Abstract: This study aims is to develop interactive learning media based on Van Hiele theory which can improve student learning motivation at three-dimensional subject in senior high school tenth grade. The method used in this research adopts 4 phase development procedure according to Newby (2000), were planning, instructional design, development, and test. Population measured in this study are math teachers and students in the 2014/2015 academic year tenth grade from SMAN 1 Tekarang, SMAN 9 Pontianak, and SMK SMTI Pontianak. Samples taken consisted of 36 students and 2 teachers from SMAN 9 Pontianak, 35 students and 3 teachers from SMAN 1 Tekarang, and 36 students and 1 teacher from SMK SMTI Pontianak. The product of this research is a CD interactive learning simulation for three-dimensional subject that have been rated highly qualified and valid by experts. The trial of the product results showed that it can improve student learning motivation. Keywords: Interactive Multimedia, Van Hiele Theory, Student Motivation
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016