Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Alat pengumpul data panduan wawancara, pedoman observasi, catatam lapangan, dokumen. Subjek penelitian guru bahasa Inggris kelas A dan anak kelompok A sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam perencanaan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris terdapat theme, indicators, main activity, things to do, supporting visual, notes. (2) guru telah melaksanakan pembelajaran pengenalan bahasa Inggris sesuai dengan RPPH, (3) faktor pendukung pembelajaran pengenalan bahasa Inggris adalah ketersediaan media pembelajaran pengenalan bahasa Inggris yang disediakan oleh lembaga dan guru. (4) faktor penghambat pembelajaran pengenalan bahasa Inggris adalah dikarenakan bahasa Inggris bukan bahasa utama yang digunakan anak-anak (5) Guru mengamati proses pembelajaran dan menilai pekerjaan anak sebagai evaluasi. Â Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Inggris, pengenalan bahasa Inggris, anak usia dini Abstract: This study aimed to describe the introduction of English language learning. This research uses descriptive method kualitif. Collecting data using observation, interviews, documentation. Data collector interview guides, observation guidelines, field notes, documents. Subject study A group of English teachers and children A group of 25 people. The results showed: (1) in lesson planning the introduction of English have a theme, indicators, main activity, things to do, supporting visuals, notes. (2) teachers have been implementing learning English language recognition in accordance with RPPH, (3) factors supporting the introduction of English language learning is the availability of instructional media introduction of the English language provided by the institution and the teacher. (4) factors inhibiting the introduction of learning English because English is not the primary language used by children (5) Teachers observe and assess the learning process as a child job evaluation. Keywords: Learning English, the introduction of the English language , early childhood
Copyrights © 2016