Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/b Sekolah Dasar Negeri No. 06 Peniti Kecamatan Sekadau Hilir. Metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas. terdapat peningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan siklus I hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dari 6,50 meningkat menjadi 6,78, kemudian dari 7,40 meningkat menjadi 7,44 pada siklus II. Dari 25 orang siswa yang memperoleh nilai KKM di atas 60 sebanyak 13 orang siswa atau sama dengan 72,15 %, 2 orang siswa memperoleh nilai sesuai KKM atau 11,1 %,sedangkan 3 orang siswa atau 16,65 % masih dibawah KKM. Dengan demikian skor rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I dan II dikategorikan sedang. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Kartu Huruf Abstract : The purpose of this study is to describe the use of the media card in the learning that can improve the ability to read the beginning No. 6 Peniti Kecamatan Sekadau Hilir. The methode used is a method of increasing the class.there is a increase in the quality of learning. Based on observations of the cycle I the results of student learning experlence an increase of 6,50 increased to 6,78, then 7,40 increased to 7,40 on cycle II of the 25 student who scored above 60 KKM as many as 13 people student or equal to 72,15%, 2 student acquire appropriate KKM or11,1%, while 3 student or 16,65% still under KKM. Thus an average score of student ?reading ability in cycles I and II crassed medium. Keywords: Literacy , Media Card Letter
Copyrights © 2015