Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk   model pembelajaran tematik dengan menggunakan media power point dan mistar hitung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik dan alat pengumpul data yang dipergunakan adalah: wawancara, observasi langsung serta dokumentasi. Informasi yang digali dari sumber data langsung melalui percakapan atau tanya jawab yang sifatnya mendalam,  karena untuk mengeksplorasi informasi secara holistik dan jelas dari informan tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah pemanfaatan media power point dan mistar hitung dalam pembelajaran tematik untuk perolehan hasil belajar matematika  di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10  Toho. Analisis perolehan hasil belajar dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh koefisien validitas (rxy) = 0,74. Nilai koefisien validitas 0,74 ditafsirkan validitas tinggi. Dengan demikian Perolehan hasil belajar matematika dengan menggunakan media power point dan mistar hitung dalam pembelajaran tematik di dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang sangat signifikan, serta menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Kata Kunci : Pembelajaran tematik, power point dan mistar hitung Abstract: This research aims to describe and analyze thematic instruction model by using the power point and slide rule. The approach use was descriptive qualitative research, while techniques and data collection tool were: interview, direct observation and doumentation. The informaation was extracted from the data sources directly thraught in-depth conversation to explore information holistically and clearly of informants.            The research conducted on the utilization of power point and slide rule in thematic intruction to acquire mathematics learning outcomes in class IV of State Elementary School 10 Toho. Mathematics learning outcomes using power point and slide rule in thematic instruction of this researh had a significant impact, causing learning to be more meaningful   Keywords: Learning thematic, power point and slide rule
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017